Keindahan Cukang Taneuh - Green Canyon-nya Indonesia



Ciamis, ya seprti itulah ejaan yang dipake oleh kabupaten paling pojok yang terletak di perbatasan Jawa barat dan Jawa Tengah, termasuk kedalam tanah Priangan timur yang mempunyai eksotika keindahan alam yang sangat luar baisa berjejer mulai dari daerah pegunungan paling barat sampai ke pesisir daerah laut selatan.
Ciamis yang berati air manis dari ejaan bahsa sunda, ci= cai= air dan amis yang berarti manis, memberikan pesona keindahan alam yang
tiada tara, mulai dari pegunungan hingga laut,
di barat ciamis ada curug tujuh yang (arir terjun tujuh) air terjun yang unik yang mempunyai tujuh tingkatan, situ panjalu, objek wisata sejarah ciung wanara di bantaran sungai ctanduy,
disambung ke hilir ada objek wisata pantai mulai dari pantai majingklak, pantai karang nini,
pantai pangandaran yang sangat indah, anda bisa melihat sun rise dan sun set dalam satu
tempat dengan cagar alam yang ada di tengan pulau di dusun pananjung, pantai batu hiu, pantai Batukaras,dll, sedangkan objek wisata sungai mulai dari sungai citumang yang jernih, cukang taneuh(bahsa sunda.red) atau green canyon.
Nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada thn 1993. Nama aslinya Cukang Taneuh. Green Canyon memiliki keunikan tersendiri. Dengan biaya relative murah anda bisa menikmati wisata green canyon ini, hanya dengan dengan ongkos Rp75,000/perahu dengan maksimal penumpang lima orang dengan dua orang sebgai guide perjalanan.
Selain amerika serikat Indonesia juga boleh berbangga hati, paslnya indonesiapun mempunyai Green Canyon, atau Green Canyonnya versi Indonesia ini terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Di dekat objek wisata ini terdapat objek wisata Batukaras serta Lapangan Terbang Nusawiru.
Objek wisata mengagumkan ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.
Mendekati Cukang Taneuh, kita disuguhi pemandangan sungai dgn sedikit jeram dgn alur sempit dimana perahu sudah tidak bisa meneruskan perjalanan krn cadiknya yg lebar. Kapasitas parkirnya juga terbatas. Jadi kita ditunggu dlm waktu yg tidak terlalu lama, atau perahu keluar dan kembali lagi dlm waktu yg kita tentukan.
Potret keindahan "Cukang Taneuh" - "Green Canyon"-nya Indonesia
Disini air sangat jernih kebirua-biruan. Utk melihat keunikan yg sesungguhnya; kita disarankan utk terus keatas dgn berenang (ada tersedia penyewaaan ban) atau merayap di tepi batu. Perjalanan ini sepenuhnya aman. Anak-anak 6 thn keatas; dpt ikut menggunakan ban dan panduan - life guard pemilik perahu yg kita sewa. Sepanjang perjalanan,kita akan terus berada di cekungan dgn dinding terjal di kanan kiri; sebgn dinding menyerupai gua dgn atap yg sudah runtuh.
Di bagian tertentu masih tersisa stalaktit2 dimana air tanah menetes. Setelah beberapa ratus meter berenang; kita akan melihat bbrp air Terjun kecil dikiri kanan yg sangat menawan. Jika anda terus penasaran dgn ujung jalan, anda akan sampai di sebuah tempat dgn gua yg dihuni oleh kalelawar. Disepanjang alur ini, anda dpt berenang sepuas-puasnya. Ya, berenang bersama ikan di air yang jernih dan dingin.
Alur aliran sungai ini cukup panjang, sehingga pengunjung dapat berenang sepuas-puasnya sambil mengikuti arus dari air terjun. Selain pemandangan indah di atas permukaan air, Green Canyon akan menjadi surga tersendiri bagi yang suka menyelam. Tinggal membawa beberapa alat selam, pemandangan menakjubkan cekungan-cekungan di dalam air siap untuk ditelusuri dan dinikmati, lengkap dengan beragamnya ikan-ikan yang berenang ke sana kemari di dasar lubuk. Bagi yang suka menantang adrenalin, dapat meloncat dari sebuah batu besar dengan ketinggian 5m ke dasar lubuk yang dalam.
Bagi Anda yang benar-benar ingin menikmati keindahan objek wisata Green Canyon harus paham dengan musim-musimnya. Karena saat terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan deras sungai dan warna airnya pun akan menjadi coklat.
Ok kita sambung lagi lain waktu dengan keindahan-keindahan objek wisata di kabupaten Ciamis 
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Advertisement

Advertisement
dapatkan gratis emoticon